Selasa, 17 Januari 2012

let's do some energy efficiency :)


sedikit cerita nih :)

jadi waktu itu saya pernah ikut pelatihan efesiensi energi yang di selenggarakan oleh EECCHI dan Komunitas Bandung Bijak Energi, dan kebetulan saya di situ sebagai panitia kecil penyelanggaranya :D karena acara tersebut di selenggarakan di kampus, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadaran, dan saya sebagai bagian yang mengurus perizinan untuk meminjam ruangan itu :) seneng banget bisa ikut berpartisipasi, karena pelatihan tersebut banyak menambah pengetahuan dan manfaat bagi saya dan berhubungan juga dengan tugas dan tanggung jawab saya di kampus, sebagai kepala divisi Social Responsibility HIMA ESP Unpad. salah satu program kerja yang saya buat adalah green iesp, yaitu gimana caranya divisi SR menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat ESP (jurusan saya) terhadap lingkungan. cara yang kita terapkan untuk mewujudkan hal tersebut belum seberapa sih :) tapi kita udah beruasah banget buat menghimbau masyarakat ESP untuk melakukan efesiensi dalam penggunaan energi, dan lebih peduli dengan keadaan sekitar.
beberapa yang udah kita lakuin contohnya aja nih yaa :
1. membuat stiker yang menunjukan tindakan efesiensi energi, seperti stiker yang kita buat dan di tempel di saklar lampu dengan tulisan "matikan lampu jika tidak di gunakan" , pada colokan listrik dan stiker pada kran air. mungkin cuma pesen sederhana itu yang bisa saya usulkan sebagai program dari divisi saya untuk mewujudkan efesiensi energi. sepele, tapi bermakna kan kalo setiap orang membaca hal tersebut :) karena stiker ini di tempel hampir di setiap saklar  dan colokan yang ada di ruangan fakultas ekonomi, coba bayangin, kalo hampir setiap mahasiswa, petugas, atau pun dosen yang habis menggunakan ruangan tersebut dan selalu mematikan lampu, colokan LCD yang biasa di gunakan untuk mengajar, serta AC. berapa banyak energi yang bisa di hemat? :)




2. membuat banner yang di pasang di lorong kampus, jadi ketika ingin memasuki ruangan-ruangan di fakultas ekonomi akan melewati sebuah lorong. banner tersebut di pasang di lorong itu, yang berisi tentang kalimat himbauan untuk lebih peduli dengan lingkungan


3. membuat artikel yang di muat dalam buletin jurusan kami, artikel tersebut berisi tentang tips atau masalah yang berkaitan dengan lingkungan, dengan artikel tersebut saya berharap dapat menambah wawasan bagi orang yang membaca nya

4. Pengadaan tempat sampah di 3 tepat, yang bertujuan untu memudahkan masyarakat kampus membuang sampah pada tempatnya, agar tidak membung samph sembarangan.

sekarang, setelah saya ikut dan mendapati pelatihan efesiensi energi, yang di selenggarakan oleh EECCHI, memberikan inspirasi bagi saya, untuk memperluas lagi cara yang dapat saya usulkan sebagai program dari divisi saya, untuk membuat masyarakat ESP peduli terhadap lingkungannya. mungkin saya akan mencoba membuat dan mengadakan lagi pelatihan tersebut di kampus, tapi kali ini dengan pasar yang berbeda :) karena waktu itu tujuan nya kepada masyarakat umum di bandung, kali ini saya ingin mengajukan pelatihan efesiensi energi khusus untuk himpunan ESP dan masyarakat ESP pada umumnya. karena, saya berharap dengan mengajukan hal tersebut, dapat membuat himpunan ESP lebih sadar dan peduli untuk menerapkan efesiensi energi :)

postingan ini untuk mengikuti blog competition :
http://www.konservasienergiindonesia.info/activities/energy-efficiency-blog-competition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar