Rabu, 18 Januari 2012

tree planting

"alam cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, tetapi tidak cukup untuk memenuhi keserakahan manusia" Mahatma Gandhi

Yak, cuma pohon satu-satunya yang dapat memproduksi O2, dengan hasil fotosintesis nya pohon dapat mengurangi kadar CO2 (yang di hasilkan dari aktivitas manusia, pabrik, dan kendaraan bermotor) di udara dan menghasilkan 02 yang sangat di butuhkan manusia untuk bernafas.
Tree planting (penanaman pohon) merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk melakukan efesiensi energi. Satu pohon dewasa dapat memproduksi O2 untuk memenuhi kebutuhan dua orang dewasa. Selain itu, pohon juga memiliki manfaat lainnya, pohon mereduksi beberapa zat pencemar udara. Selain CO2 (karbon dioksida) peristiwa pembakaran (terutama yang mengandung bahan bakar minyk) juga menghasilkan limbah asap yang mengandung sulfur dioksida (SO2). Di udara SO2 ini akan bereaksi dengan uap air membentuk asam sukfat (H2SO4). Bila tercampur air hujan akan menghasilkan hujan asm yang membahayakan kesehatan kulit serta menimbulkan korosi. Dalam hal ini tajuk pohon berfungsi menahan air hujan tersebut yang kemudin pada beberapa phon yang mengeluarkan air gutasi, kandungan asamnya di netralkan.*

Tapi saat ini, lahan-lahan yang di gunakan sebagai hutan kota atau tempat untuk penanaman pohon sudah jarang sekali. Manusia banyak menebang pohon, memangkas hutan dan taman untuk membangun gedung-gedung tinggi, perumahan, apartemen dan sebagainya. Penebangan pohon yang terjadi pada hutan seluas 1ha, dapat menyebabkan sekitar 200 ton CO2 beredar di atmospir. Penghijauan semakin berkurang, namun kendaraan yang beredar sebagai penghasil karbon dioksida semakin banyak. Apa yang akan terjadi jika kita sudah mulai kehabisan O2 dan tidak lagi dapat dengan mudah menghirupnya, karena banyak nya pohon yang di gunakan sebagai penghijauan di tebangi oleh manusia? Selain itu, pohon-pohon di hutan juga banyak di tebang untuk memenuhi kebutuhan kertas manusia, mereka menebang pohon dan menggunakannya sebagai bahan untuk memproduksi kertas. mengurangi penggunaan kertas juga merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengefesiensikan energi, kita bisa menggunkan kertas secara bolak-balik untuk melakukan penghematan, dan menggunakan kembali kertas yang masih di gunakan.

Satu pohon dapat membuat sejuta kehidupan. Mulai lah menanam pohon atau tanaman secara sederhana di halaman rumah anda atau dengan merawat pohon dan tanaman yang sudah ada. Selamatkan kembali bumi kita, demi kehidupan dan generasi yang akan datang. Ayo kita lestarikan dan hijaukan kembali hutan indonesia :)





*source : perumperhutani
postingan ini untuk mengikuti blog competition :
http://www.konservasienergiindonesia.info/activities/energy-efficiency-blog-competition


Tidak ada komentar:

Posting Komentar