Jumat, 20 Januari 2012

plastic bag!

mengurangi penggunaan kantong plastik! yak, menurut saya mengurangi penggunaan kantong plastik bisa jadi salah satu cara untuk melakukan tindakan efesiensi energi. sekarang ini, mungkin orang-orang udah ngga asing lagi dengan kata "diet kantong plastik" karena program tersebut memang lagi gencar-gencarnya di kampanyekan oleh sejumlah organisasi atau komunitas-komunitas lingkungan.
harga kantong plastik yang sangat-sangat murah, memang tidak sebanding dengan energi yang di butuhkan untuk proses pembuatan kantong plastik tersebut dan dampak yang dapat di timbulkan dari hasil sampah kantong plastik itu sendiri. mungkin memang susah untuk mengubah mindset atau pola pikir masyarakat indonesia pada umumnya, untuk mengganti kantong plastik dengan tas kertas yang masih dapat di daur ulang atau mengganti kebiasaan kantong plastik dengan menggunakan reusable bag.
sebenernya pengurangan penggunaan kantong plastik selain bisa di mulai dari kesadaran diri sendiri, juga bisa di mulai secara disiplin dari swalayan atau mini market lainnya, karena pada umumnya disitulah tempat terjadi banyak transaki, dan pengeluaran kantong plastik. mungkin pihak dari mini market atau swalayan bisa mengganti plastik yang di gunakannya dengan tas yang dapat didaur ulang jika pembeli tidak membawa tas belanja sendiri, misalnya seperti dengan menawarkan tas reusable yang di tawarkan dalam bentuk donasi.
kalian tau ga sih seberapa besar dampak bahaya dari penggunaan kantong plastik? nih ada beberapa fakta seru yang saya dapatkan dari EECCHI :) :
1) Tas plastik terbuat dari polyethylene, yang merupakan produk petroleum, yang berarti produksinya akan menghasilkan emisi CO2, yang berkontribusi pada pemanasan global.
2) Rata-rata 5 lembar tas plastik akan menghasilkan 1 kilogram CO2, sementara total tas plastik yang diproduksi di dunia setiap tahunnya mencapai 5 triliun lembar.
3) Berarti dari produksi tas plastik saja, dihasilkan 5 milyar ton CO2 tiap tahunnya di dunia, yang berarti membutuhkan sekitar 200 milyar pohon untuk menyerapnya.
4) Sekitar 6% konsumsi minyak dunia digunakan untuk memproduksi plastik (dengan tendensi yang semakin meningkat).
5) Energi yang dibutuhkan untuk memproduksi seluruh tas plastik di dunia tiap tahunnya mencapai 965 milyar kWh, yang dapat menghidupi listrik di India selama satu tahun!
6) Dari 100 milyar tas plastik yang dibuang di Amerika Serikat tiap tahunnya, hanya 1% yang didaur ulang. Padahal membutuhkan 1000 tahun bagi plastik untuk didaur secara alami.
7) Ketika polyethylene terdaur, maka kandungan racunnya dapat diserap oleh tanah dan masuk ke dalam rantai makanan—dan berpotensi mengganggu kesehatan manusia.
8) Sekitar 1 milyar burung dan mamalia laut mati tiap tahunnya karena mengonsumsi tas plastik yang seringkali disalahartikan sebagai makanan. 

sudah tergugah kah kamu untuk mengubah gaya hidup? yuk, kurangi penggunaan kantong plastik mulai dari sekarang :)



postingan ini untuk mengikuti blog competition :
http://www.konservasienergiindonesia.info/activities/energy-efficiency-blog-competition

Tidak ada komentar:

Posting Komentar